Carrefour Rangkul Pasar Tradisional

Bazar dan Pojok Rakyat 

Dulu lawan sekarang kawan. Perubahan radikal itu terjadi pada hubungan antara raksasa hypermarket Carrefour dan pasar tradisional saat ini. Sejak dikuasai pengusaha Chairul Tanjung, PT Carrefour Indonesia (PT CI) bertekad untuk tidak lagi menjadi "momok" bagi pedagang pasar tradisional.

Chairul Tanjung yang kini menjabat presiden komisaris PT CI mengatakan sedang meneliti secara akademis untuk membuktikan bahwa kehadiran Carrefour di Indonesia membawa keuntungan bagi pasar tradisional. Hasilnya akan dijadikan dasar mewujudkan ambisi bos Para Group tersebut untuk meningkatkan kesejahteraan petani, produsen, dan pedagang dalam negeri.

Jika penelitian tersebut menghasilkan konsep relasi yang pas antara Carrefour dan pasar tradisional, lanjut CT, dirinya segera mengabarkan kepada pemerintah pusat, pemerintah daerah, para asosiasi terkait, dan berbagai pihak yang berkepentingan, khususnya pasar tradisional. "Ini harus dibuktikan kembali. Saya mau betul-betul sahih secara akademis," ujar pria yang akrab disapa CT itu saat pembukaan Bazar Rakyat dan Pojok Rakyat di Carrefour Lebak Bulus, Jakarta Selatan, kemarin (31/5).
Bentuk sinergi seperti apa yang akan terjadi antara Carrefour dan pasar tradisional pada masa mendatang? CT belum bisa membayangkan. Hanya, itu dipastikan menjadi lanjutan dari upaya PT CI mewadahi dan mengapresiasi pengusaha lokal yang saat ini mulai dirintis.

Hingga saat ini, PT CI sudah melakukan MoU dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) -yang 80 persen anggotanya adalah usaha kecil dan menengah (UKM)-, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Perdagangan yang membina banyak UKM, Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), dan segera dengan binaan Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama.

Sebagai bukti atas janjinya saat proses akusisi saham terbesar PT CI, CT mengadakan Bazar Rakyat dan Pojok Rakyat yang dimulai di Jakarta dan segera menyebar ke daerah lain di Indonesia. "Saya juga sudah bertemu dengan gubernur Jawa Timur dan beliau meminta untuk segera digelar di daerahnya. Saya juga sudah menerima surat permintaan dari kepala daerah lain," ucap CT.

Presiden Direktur PT CI Shafie Shamsuddin mengatakan, Bazar Rakyat melibatkan total 140 pengusaha UMKM yang merupakan binaan dari mitra Carrefour tersebut ditambah pedagang kaki lima (PKL) yang berada dalam radius 1 kilometer dari gerai Carrefour. Sementara itu, Pojok Rakyat ditujukan bagi UMKM yang sudah menjadi pemasok di Carrefour.

Menurut Shafie, kinerja para peserta akan dievaluasi untuk kemudian pemenangnya diberi hadiah berupa pelatihan dan development dari segi finansial atau cash flow, marketing, packaging, dan sebagainya pada Juli 2010. "Kami buat perbedaan dengan Pojok Rakyat lain. Kami memberikan subsidi atau promosi bujet yang telah sama-sama kami sepakati," ungkapnya.

Sumber :

0 komentar: