Rematch Final 2008

Los Angeles Lakers terus menancapkan domi­nasinya di NBA. Kemarin WIB (30/5) mereka mengamankan tiket ke final liga basket paling bergengsi itu. Kobe Bryant me­nyusul Boston Celtics yang lebih dulu lolos setelah mengalahkan Phoenix Suns 111-103 di game keenam final wilayah barat.

Bagi Lakers, sukses menembus final NBA tahun ini adalah yang ketiga secara beruntun. Tahun lalu mereka menjadi juara setelah menekuk Orlando Magic pada partai puncak. Pada 2008, Lakers harus puas menjadi runner-up setelah ditekuk Celtics. Karena itu, final tahun ini adalah rematch 2008.

Celtics memang hanya tim peringkat ketiga di wilayah timur. Namun, pertemuan tim hijau tersebut dengan Lakers merupakan partai yang sangat bergengsi. Dua tim itu adalah yang terbaik di NBA dalam hal koleksi gelar. Celtics menjadi tim tersukses dengan 17 cincin juara. Lakers hanya kalah satu gelar.


Kehebatan dua tim tersebut juga bisa dilihat dari seringnya perte­muan mereka di final. Total, me­reka sebelas kali bertemu dalam partai perebutan gelar juara. Di antara pertemuan itu, Celtics me­nang sembilan kali. Salah satunya terjadi pada 2008, saat Celtics menang 4-2 untuk mengamankan cincin juara ke-17.

Akankah Celtics mem­per­panjang dominasinya? Superstar Lakers Kobe Bryant menam­piknya. "Tim kami berbeda tahun ini, lebih kuat. Sebab, ada Ron Artest dan Andrew Bynum," tegas Kobe Bryant kepada Associated Press.

Pelatih Lakers Phil Jackson juga tak kalah optimistis. Kepada para wartawan, dia menyatakan sejak lama menantikan rematch dengan Celtics. Bahkan, ketika bertemu dengan kapten Celtics Paul Pierce di kompleks rumahnya musim panas tahun lalu, tanpa sungkan Jackson menyampaikan tantangan. "Saya bilang ke Pierce bahwa saya ingin rematch dengan timnya di final. Final impian tersebut seka­rang benar-benar terjadi," terang Jackson sambil tersenyum.

Final NBA 2010 akan dimulai Jumat pagi WIB nanti di kandang Lakers, Staples Center. Lakers memiliki home-court advantage karena memiliki rekor menang kalah yang lebih baik di babak reguler.

Sumber :

0 komentar: